Bahagia itu bisa sederhana

22-happiness.w710.h473.2x

Bahagia itu apa sih ? siapa yang tidak ingin bahagia? Standar kebahagiaan itu seperti apa ? apa menjadi kaya raya ? punya rumah mewah, punya mobil bagus, punya emas banyak, menjadi artis, menjadi boss ?

Faktanya, banyak artis yang bunuh diri. Banyak boss yang bangkrut dan menjadi depresi. Banyak orang kaya yang dipenjara karena korupsi. Ada juga yang banyak penggemarnya malah dibuat pusing karena diusik dan dikejar-kejar. Seringkali malah dicakar ketika jumpa fans. Lantas bahagia itu seperti apa ?

Masing-masing dari kita punya definisi bahagia sendiri. Tergantung orientasinya apa. Mungkin ada yang menganggap bahagia adalah makan enak. Atau yang menganggap bahagia itu ketika bertemu idola. Kadang ada juga hal-hal kecil, hal-hal sederhana yang mampu membuat tersenyum bahagia. Seperti saya yang juga memilik kebahagian sederhana. Hal-hal yang mungkin orang anggap sepele atau receh tapi bagi saya itu luar biasa dan membahagiakan.

Contohnya, ketika saya melihat anak kecil tersenyum dan tertawa riang. Itu sudah mampu membuat saya bahagia. Rasanya ingin saya peluk, rasanya ingin saya cium. Ingin saya gendong dia. Hati saya langsung tersentuh. Apalagi ketika mereka mau diajak main atau digendong. Rasanya damai sekali. Rasa-rasanya seperti memiliki anak sungguhan.

Kedua, kebahagiaan sederhana itu adalah ketika bisa becanda dengan siapa saja. Dengan suami, adik, ibu ataupun teman. Seperti ada ribuan energy positif yang menyerbu badan saya ketika bisa tertawa karena becanda. Kepala saya langsung fresh. Diri ini kayak computer yang di refresh.

Ketiga, saya sangat bahagia ketika bisa sholat tepat waktu dan tidak bolong-bolong. Damai sekali rasanya.  Dan merasa hebat bisa melewatinya. Bukankah ia tiang agama yang benar-benar harus dijaga.

Keempat, bisa masak enak membuat saya juga bahagia. Sangat senang jika suami makan dengan lahap apa yang saya masak. Berhasil, yeeeee

Kelima, melihat gunung. Karena punya hobi mendaki gunung, kadang melihat gunung saja sudah membuat saya sangat riang gembira. Di pagi hari jika suasana cerah, gunung merapi sering menampakkan wajahnya. Jika beruntung bisa melihat dua, gunung merapi dan merbabu. Pernah tepat di fly over janti, saya melihat kedua gunung itu. Sangat jelas dan ditambah ada pelanginya. Masyaallah. Saya hamper saja jingkrak-jingkrak di motor. Saking girangnya. Kadang melihat gunung sudah bisa menjadi obat kangen mendaki.

Seperti itu definisi bahagia. Apapun itu yang membuat bahagia semoga menambah rasa syukur kita akan hidup ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s